Ketua Umum ICMI Berikan 3 Tips Hadapi Pilpres 2019

Independensia | Jakarta – Memasuki tahun politik 2019 diwarnai dengan berbagai macam fenomena di tengah persaingan antar ke dua kubu calon Presiden dan Calon Wakil Presiden. Melihat kondisi ini, Pengurus Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) memberikan tiga tips agar Pilpres tanggal 17 April nanti berjalan secara objektif dan profesional.

Ketua Umum ICMI Pusat Prof. Jimly Asshiddiqie saat dihubungi reporter independensia.id, Selasa (8/1/2019) di Jakarta mengatakan masyarakat jangan mudah baper (bawa perasaan) atas informasi haox yang beredar seputar isu Pilpres.

“Resep pertama, Saya menghimbau semua warga masyarakat terutama yang punya hak pilih maupun calon-calon yang akan dipilih, marilah jangan baper dalam membaca medsos, jangan membawa perasaan, bacalah semua berita-berita termasuk yang hoax jangan dengan perasaan, jangan baper,” Kata Prof Jimly

Jimly mengatakan, resep atau tips tersebut agar masyarakat atau pemilih tidak terjebak dalam arus informasi di media sosial yang rawan akan penyebaran hoax.

“Resep kedua adalah jangan menshare informasi atau berita yg belum pasti kebenarannya, dan yang ketiga jangan mikirin calon yang lain selain dari yg kita dukung. Masih ada tiga bulan, mudah-mudahan komunikasi publik kita membaik,” Ujarnya

Jimly berharap para tokoh masyarakat maupun tokoh partai politik harus menjadi contoh dan teladan dalam komunikasi publik yang semakin baik bagi masyarakat.

“Para tokoh masyarakat dan partai politik harus semakin friendly, artinya tidak saling menyebar permusuhan, tidak menyebar kebencian antar sesama. Inilah cara kita mengisi 2019 dengan lebih baik lagi dari 2018,” Kata Prof Jimly

“Kita harus siap-siap, ini pertarungan makin tegang menjelang hari H, maka tiga resep tadi kita harus jadikan pegangan. Jangan baper, jangan mikirin calon lain dan jangan menshare berita yang belum ada kepastian,” lanjut Ketua Mahkamah Konstitusi pertama ini.

Prof Jimly mengajak masyarakat Indonesia agar menerima siapapun yang terpilih sebagai Presiden dan Wakil Presiden untuk periode yang akan mendatang. “Kita musti siap juga bahwa pemilihan umum ini adalah cara memilih pemimpin, nanti kalau sudah terpilih kita harus terima sebagai pemimpin kita, ini kan cuman metode pemilihan maka siapa pun yang nanti terpilih, dia lah presiden kita,” Pesan Prof Jimly

Prof Jimly juga mengajak masyarakat agar tidak golput saat pemilihan nanti, baik pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, Anggota DPR, DPD dan DPRD yang akan berlangsung secara serentak di seluruh Tanah Air pada tanggal 17 April 2019. (Aik)

Hits: 2

Satu tanggapan untuk “Ketua Umum ICMI Berikan 3 Tips Hadapi Pilpres 2019

  • Januari 9, 2019 pada 5:09 am
    Permalink

    Ide radikal yg bangsaini kita inginkn… Bukan hanya tips…

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *