Melalui Peluncuran Buku, KAHMI Buktikan Kepedulian Pangan di Indonesia

Independensia | Jakarta – Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) yang terjaring dari berbagai latar belakang profesi yang berbeda-beda terus menunjukan kepeduliannya kepada bangsa dan negara. Sebab, HMI merupakan organisasi mahasiswa Islam tertua yang masih eksis hingga saat ini.

 

Pokok pemikiran, gagasan dan sumbangsih dalam wujud kepemimpinan dari berbagai sektor dapat membuktikan bahwa, alumni HMI hadir untuk menjawab berbagai problematika kebangsaan dan keummatan dari negara yang plural ini.

 

Salah satu wujud nyata dari itu semua dilihat dari peluncuruan buku yang berjudul Pangan, Kebangsaan dan Ketahanan Nasional. Kehadiran buku tersebut diinisiasi oleh Majelis Nasional Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (MN KAHMI) yang secara resmi diluncurkan pada hari Jum’at, (17/02/2019).

 

Presidium MN KAHMI Prof. Siti Zuhro mengatakan, buku tersebut merupakan ekstraksi dari Simposium Kebangsaan ke-3 KAHMI yang diselenggarakan pada 21 Desember 2018 lalu di Jakarta. Para penulis buku ini berprofesi sebagai akademisi, pengamat dan pelaku kebijakan, termasuk diantaranya Rektor Institut Pertanian Bogor dan Rektor Universitas Brawijaya.

 

“Kehadiran buku ini merupakan wujud kepedulian dan sumbangsih KAHMI terhadap perbaikan kebijakan dan tata kelola pangan di Indonesia. KAHMI menilai bahwa ketahanan nasional tidak dapat terlepas dari isu ketahanan dan kedaulatan pangan,” Kata Prof. Siti Zuhro

 

Prof. Zuhro berharap kumpulan gagasan dan pemikiran KAHMI mampu memberi masukan kepada Pemerintah agar kebijakan yang dirumuskan dapat menyelesaikan akar persoalan terkait pangan yang ada di negeri ini. “Tanpa adanya ketahanan pangan, dapat menjadi ancaman bagi ketahanan nasional”, Ujarnya

 

Zuhro mengatakan, peluncuran buku yang bersamaan dengan momentum pesta demokrasi Tanah Air terutama dengan adanya dinamika Pilpres pada bulan April mendatang, harus menunjukan keseriusan dari masing-masing kubu. Olehnya itu, KAHMI juga mengundang keduua kubu dari pasangan Capres-Cawapres.

 

Selain menghadiri peluncuran buku ini, KAHMI jugga menyerahkan buku secara simbolik kepada perwakilan masing-masing kubu, yakni kepada Arif Rosyid yang mewakili TKN Jokowi-Ma’ruf, serta Ferry Juliantono dan Dahnil Simanjuntak yg mewakili BPN Prabowo-Sandi.

 

Beberapa tokoh nasional yang juga memberikan testimoni dalam peluncuran buku tersebut diantaranya Dr. Mustafa Abubakar (Mantan Menteri BUMN dan Direktur Utama Bulog), Dr. Bayu Krisnamurthi (Mantan Wakil Menteri Pertanian dan Wakil Menteri Perdagangan), Yeka Hendra Fatika (Direktur Eksekutif PATAKA), dan Nur Iswan (pelaku usaha perberasan).

Kontributor : Ahmad Irso

Hits: 1

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *