Sekjen KAHMI : Independensi yang Kokoh, meningkatkan peran kontributif HMI

Independensia | Sorong – Menjaga independensi organisasi merupakan keharusan setiap kader Himpunan Mahasiswa Islam (HMI). Banyak harapan yang muncul untuk tetap konsisten dalam pembinaan kualitas kepemimpinan di Himpunan. Tidak sampai disitu, tujuan lain juga untuk membuka jalan bagi hadirnya peran-peran kontributif HMI dalam pembangunan bangsa.

Demikian disampaikan Sekjen Majelis Nasional KAHMI, Manimbang Kahariady saat menyampaikan ceramah pada Latihan Kepemimpinan Kader HMI tingkat lanjutan,(LK2), di Aula Pemkot Sorong, Papua Barat, Rabu, (20/3/2019)

Manimbang berharap agar kader HMI tetap komitmen dan konsisten menjaga independensi organisasi. Sikap terkait, jelasnya sebagai syarat mutlak utk keberlangsungan kegiatan leadership exercise.

“Jangan sampai organisasi kita terjebak kepada kegiatan politik praktis,” kata Manimbang dihadapan sekitar 70 peserta LK2 dari berbagai HMI Cabang di Indonesia ini.

Menurutnya, ketika kader HMI sudah dependen atau ketergantungan pada kekuatan tertentu, baik pribadi maupun organisasi, pengembangan potensi kepemimpinan tidak bisa tumbuh dan berkembang secara optimal.

“Hanya pada pribadi yang mereka dan berdaulat, potensi kepemimpinan dapat tumbuh dan berkembang secara optimal,” tegasnya

Lebih lanjut Manimbang mengingatkan, implementasi dari sifat independensi organisasi jangan sampai menjadikan kader HMI statis, eklusif dan lemah dalam membangun relasi dengan berbagai kalangan.

“Justru independensi itu teruji, apabila kader HMI berada dalam aktivitas dan dinamika yang tinggi dlm berinteraksi dengan berbagai kalangan” tegasnya.

Manimbang kembali menegaskan bahwa, independensi organisasi yang kokoh akan menempatkan HMI pada posisi strategis, hal tersebut memungkinkan peran-peran kontributif dalam membangun bangsa. Bahkan, kata dia, tawaran-tawaran solusi menghadapi berbagai persoalan bangsa pun dapat diberikan secara berkualitas dan berkelanjutan

“Independensi yang kokoh dan didukung dengan kemampuan intelektual yang tinggi, peran strategis HMI akan selalu hadir dalam segala situasi,” pesan Manimbang sebelum mengakhiri forum LK2 tersebut.

Hits: 4

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *