Mahasiswa Staida Garut, KKN Bangun Ekonomi Kreatif Masyarakat

Independensia | Garut – Pada kegiatan Kuliah Kerja Nyata Pengembangan dan Pembinaan Masyarakat (KKN PPM) Kampus Staida Garut yang dilaksanakan di Desa Sukamulya, Kab. Garut. Para mahasiswa yang mengikuti kegiatan tersebut, melaksanakan lokakarya 2 di Aula Desa Sukamulya, Kecamatan Pangatikan, Kab. Garut, sekaligus kegiatan lokakarya tersebut diadakan acara Tabligh Akbar dan silaturahmi bersama masyarakat Desa Sukamulya dalam rangka menyambut bulan Suci Ramadhan mendatang, Minggu (28/4/2019).

Doc. Photo bersama Mahasiswa KKN kampus Staida Garut

KKN-PPM kampus Staida Garut ini berlangsung sejak Tanggal 25 Maret – 30 April 2019 dengan mengusung tema “Revitalisasi Peran Mahasiswa Dalam Membangun Masyarakat Berkemajuan, Unggul, Profesional dan Islami”, turut dihadiri oleh Jono selaku Kepala Desa Sukamulya beserta jajarannya, para ketua-ketua RW di wilayah kerja Desa Sukamulya, para tokoh masyarakat serta hadir pula Fazar Azhari, M.Pd.I selaku perwakilan dari kampus Staida Garut sekaligus menjadi Dosen pembimbing lapangan.

 

Keberlangsungan agenda tersebut masyarakat begitu antusias datang mendengarkan laporan pertanggung jawaban program- program dari para mahasiswa selama pelaksanaan KKN di Desa Sukamulya tersebut.

 

Selanjutnya Susandi menerangkan bahwasanya Desa Sukamulya merupakan desa yang sangat kental dengan nilai religiusnya dan terkenal erat kekeluargaannya, “kami selaku Mahasiswa sangat senang sekali ketika pertama kali menginjakkan kaki di tanah Sukamulya”, ungkap Susandi selaku ketua Kelompok KKN-PPM Desa Sukamulya.

 

Ia juga memaparkan program-programnya yang dilaksanakan selama KKN di Desa Sukamulya yakni salah satunya berupa pengadaan Alquran dan pengelolaan ekonomi kreatif. Dari hasil pertanian seperti puding jagung dan fitza singkong hingga membantu cara pengemasan kemudian pemasaran secara online.

 

“Selain melaksanakan program kami juga banyak belajar dari masyarakat, karena sejatinya mahasiswa merupakan bagian dari masyarakat dan akan kembali pada masyarakat . Selain itu, pengabdian ini merupakan salah satu  amanah dari Tri Darma Perguruan Tinggi yang ketiga ialah penganbdian”,  ucap Susandi.

 

“Kami sangat berbahagia sekali karena telah kedatangan tamu yang kehadirannya memberikan dampak positif bagi warga sekitar dan banyak sekali program yang sudah di jalankan oleh mereka dan kami bangga kepada para Mahasiswa, kami meminta maaf dan terimakasih kepada para mahasiswa yang sudah menginfakkan tenaga, fikiran untuk kemajuan Desa Sukamulya, ungkap Jono selaku kepala Desa Sukamulya dalam sambutannya.

 

Kemudian Susandi menerangkan apa yang dirasakan oleh masyarakat dan apa yang diucapkan oleh Kepala Desa Jono kepadanya, setelah acara tersebut, kami akan melepaskan kembali para mahasiswa untuk kembali ke kampusnya masing- masing. Hingga selanjutnya acara hiburan dari grup marawis yang dilatih oleh peserta KKN-PPM dan juga Tabligh Akbar dalam rangka menyambut bulan suci ramadhan yang dibawakan oleh KH. Agus Ainul Yakin, pula sekaligus Mahasiswa perwakilan dari peserta KKN – PPM Kampus Staida Garut.

 

Kontributor : Susandi

Hits: 17

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *