BJ Habibie : Pentingnya Meningkatkan Kualitas SDM

Independensia | Jakarta – Mantan Presiden RI ke-3 Prof. Dr. BJ. Habibie mengingatkan, masa depan bangsa ini tidak ditentukan oleh Sumber Daya Alam (SDA), melainkan Sumber Daya Manusia (SDM).

Hal itu disampaikan saat menghadiri undangan agenda Buka Puasa Bersama (Bukber) di kediaman Ketua Umum ICMI Jimly Asshiddiqie, Jakarta, Kamis (9/5/2019). Ia, mengatakan, “Masa depan bangsa kita, tidak ditentukan oleh sumber daya alam, terbaharukan maupun tidak. Tapi ditentukan oleh sumber daya manusia,” ujarnya.

Lalu Habibie menjelaskan, sumber daya manusia itu harus produktif dan efisien. Jika sudah produktif dan efisien dalam bekerja, maka harus memahami skala rinci apa yang dilaksanakan, dan harus professional dalam bidangnya masing-masing. SDM yang produktif dan efisien menurut BJ. Habibie harus dikuasai setiap orang. Namun, belum tentu akan unggul. karena, dikatakan unggul kalau hanya mengalami proses keunggulan.

“Dan itu dimana? Di lapangan kerja. Jadi, kalau proses agar supaya iman dan takwanya itu kualitasnya tinggi, itu mulai dari proses dalam kandungan,” jelas Habibie.

Lanjut Habibie, jika yang bersangkutan sudah sampai usia tertentu, dia akan diajarkan pada bidang yang penting untuk diketahui, yaitu keterampilannya.

“Dia harus sekolah, proses pendidikan. Tapi itu tidak cukup, yang mengikat itu proses pembudayaan yang menghasilkan outputnya adalah keterampilan. Yang mengikat itu budaya,” tuturnya

Kata Habibie, Indonesia harus pandai-pandai mempersiapkan generasi yang akan datang, dan setiap generasi harus telah mengalami proses pembudayaan dan pendidikan yang jitu.

“Kenapa saya bilang pembudayaan? Karena itu sinergi positif antara budaya dan agama. Tidak bisa hanya budaya saja. Tidak bisa hanya agama saja”, pungkasnya.

Hits: 17

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *