Soal Rencana Kenaikan Iuran BPJS, NCID : Bukan Solusi

Kontributor : Asran S

Independensia | Jakarta – Rencana pemerintah yang menyetujui kenaikan beban iuran Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) oleh BPJS Kesehatan, mendapatkan kecaman dari berbagai pihak.

Salah satu yang mengecam rencana tersebut adalah Center for Indonesian Democracy (NCID).

Direktur Eksekutif NCID Nurjaman, menyayangkan sikap pemerintah yang terkesan abai terhadap defisit BPJS Kesehatan dari tahun ke tahun.

Menurutnya, defisit BPJS perlu ada perbaikan sistem kontrol yang lebih ketat dan manajemen secara menyeluruh.

“Kebijakan menaikkan sudah beberapa kali dilakukakan. Toh, masih saja defisit dan terus membengkak. Berarti disini kita lihat ibarat ada ruang gelap dalam tata kelola BPJS Kesehatan yang terkesan dibiarkan dan terus berlarut-larut,” kata Jajat di Jakarta, Kamis, (1/8/2019)

Jajat menegaskan, polemik tata kelola BPJS Kesehatan sudah bukan rahasia umum. Hal ini menurutnya, harus diselesaikan dan ditangani secara serius oleh pemerintah demi menjaga kepercayaan publik terhadap penyelenggara kebijakan dan pemerintah secara umum.

“Pemerintah jangan seperti kehilangan akal untuk menangani defisit BPJS. Sebab ini terus saja terjadi dari tahun ke tahun,” ungkapnya

Jika seperti itu kesannya, Jajat menilai rakyat akan terus dibebani dengan kenaikan iuran untuk menambal defisit BPJS. (Asr)

Hits: 12

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *