Penuhi Kebutuhan Warga, Mahasiswa KKN UIN SUKA Sukses Produksi Olahan Salak

Independensia | Jakarta – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Dowakan UIN Sunan Kalijaga berhasil memproduksi aneka olahan salak. Atas kreatifitas tersebut, mereka juga memasarkan produksi salak kepada masyarakat.

Beberapa produksi yang dihasilkan oleh mahasiswa KKN di Desa Srumbung, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah ini antara lain kurma salak, selai salak, dan nugget salak.

Doc. Beberapa hasil olahan salak, Warga dengan Mahasiswa KKN UIN Suka/photo

Ketua kelompok KKN Tematik Dowakan Uu Fahruddin mengatakan, aneka produk olahan salak tersebut, dijual dengan harga yang relatif terjangkau, “kurma salak dijual dengan harga Rp.10.000, selai salak Rp.10.000, dan nugget salak Rp.5000,” kata Fahrudin melalui keterangan tertulisnya, Srumbung, Mageang, Kamis (8/8/2019)

Produk-produk tersebut, lanjut Fahrudin, rencananya akan dipasarkan lebih banyak lagi melalui media online, bazar-bazar, juga promosi secara langsung kepada masyarakat.

Launching produk salak dilakukan tanggal 23 juli 2019 itu, juga sekaligus menggelar acara dialog publik bertajuk “Memaksimalkan Potensi Desa, Untuk meningkatkan Perekonomian Masyarakat Melalui Pemasaran Olahan Salak.”

Menurut Fahrudin, serangkaian kegiatan tersebut dilakukan untuk memotivasi dan memberikan membekali masyarakat mengenai cara memasarkan produk. Utamanya olahan salak yang dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Kita akan melihat potensi yang sangat besar dari tanaman salak, tapi potensi itu dibelenggu dengan murahnya harga salak dipasaran. Salak dibeli dengan harga yang sangat murah, mulai dari lima ribu sampai tujuh ribu,” imbuhnya

Fakta tersebut menurutnya membuat kehidupan masyarakat semakin sulit. Oleh karena itu, kelompok KKN ini berharap melalui olahan salak yang mereka ciptakan, bisa sedikit membantu masyarakat dalam hal menaikan nilai salak di pasaran.

“Saat ini beberapa kelompok usaha pengolahan salak masyarakat bekerjasama kami agar melakukan berbagai promosi untuk mengedukasi. Untuk melihat atau membeli aneka produk ini, kami juga membuka toko online, bisa dilihat melalui Instagram Official @salakmerapi99 atau bisa mengunjungi lokasi rumah kepala Dusun Dowakan, Desa Srumbung, Kecamatan Srumbung, Magelang,” terangnya (*)

Hits: 29

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *