INKOWAPI Gandeng BNI dan Sahara Berdayakan Warung Tradisional

Jakarta | Independensia.id – Induk Koperasi Wanita Indonesia (INKOWAPI) bekerjasama dengan Bank BNI dan komunitas Sahara (Sahabat Usaha Rakyat) memberikan bantuan permodalan bagi 1.100 warung di DKI Jakarta. Bantuan ini bagian dari Program Penguatan Keagenan dan Permodalan Warung Tradisional yang menarget 5.000 warung di seluruh DKI Jakarta.

“Umumnya warung tradisional berjalan apa adanya, dikelola secara turun temurun. Tidak ada pergerakan pendapatan yang signifikan, oleh karenanya INKOWAPI bersama dengan komunitas Sahara berkolaborasi dengan Bank BNI dan Pemprov DKI Jakarta membantu permodalannya guna meningkatkan taraf hidup pengelolanya,” ujar Sharmila, Ketua Umum INKOWAPI di Jakarta, Rabu (21/08/2019).

Menurut Sharmila, pelaku usaha warung tradisional seringkali sulit mengakses permodalan untuk meningkatkan kapasitas dan daya saing usahanya. Jika pun mendapatkan permodalan, tidak jarang berupa pinjaman yang tidak wajar atau suku bunga yang besar karena bukan dari perbankan atau lembaga keuangan. Selain itu, kehadiran para pelaku bisnis online semakin menggerus pasar usaha warung tradisional.

“Beberapa faktor menjadi sebab tergerusnya warung tradisional, antara lain terbatasnya akses pada sumber barang dengan harga yang murah serta tidak tersedianya modal yang cukup untuk mengembangkan usaha,” imbuh Sharmila yang juga merupakan penggagas komunitas Sahara.

Bantuan permodalan yang diberikan meliputi permodalan hingga 50 juta rupiah tanpa bunga dan agunan yang diberikan dalam bentuk dagangan. Totalnya mencapai 250 Milliar. Selain bantuan modal, juga diberikan pemberian mesin EDC (Electronic Data Capture) yang dapat membantu proses transaksi jual-beli.

Pemberdayaan mpok-mpok (sebutan bagi kaum perempuan di betawi-red) juga menjadi fokus kegiatan INKOWAPI dalam membina para pengusaha perempuan baik skala mikro, kecil dan menengah.

“Kami melihat potensi besar dari warung-warung sembako yang dikelola ibu-ibu. Karena itu, kami tergerak untuk melakukan sesuatu agar membantu mereka,” pungkas Sharmila.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *