Jelang Pemilihan BPK, PB HMI Imbau Masyarakat Dukung Komisi XI DPR RI

Jakarta | Independensia.id – Menjelang pemilihan anggota Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) yang rencananya akan berlangsung besok (16/9/2019), Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam (PB HMI) menghimbau masyarakat dan mahasiswa untuk memberikan kepercayaan pada Komisi XI DPR RI.

“Kami mengapresiasi dan mendukung penuh pemilihan anggota BPK oleh Komisi XI DPR RI setelah melalui uji kelayakan yang telah memenuhi segala aturan perundang-undangan, mulai dari UUD, UU BPK, UU MD3 hingga Peraturan DPR RI Nomor 1 Tahun 2014,” kata Rahim Key, Ketua Bidang Ekonomi dan Pembangunan PB HMI 2018 – 2020 melalui pernyataan tertulisnya pada Minggu (15/9/2019).

Menurut Rahim, uji kelayakan yang dilakukan oleh Komisi XI DPR RI sudah memenuhi aturan perundang-undangan yang berlaku, mulai dari Undang-Undang Dasar (UUD), Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2006 Tentang BPK (UU BPK), Undang-Undang MD3, hingga Peraturan DPR RI Nomor 1 Tahun 2014.

Terkait adanya kritikan yang mewarnai proses uji kelayakan calon anggota BPK, Rahim menilai hal itu adalah hal yang wajar dikarenakan tidak semua memahami runutan antara proses seleksi, pemilihan, dan penetapan anggota BPK. Adanya uji makalah juga merupakan salah satu cara DPR RI dalam menjalankan peraturan yang ada, bahkan menurutnya, seleksi calon pimpinan KPK juga menggunakan metode tersebut.

“Proses uji kelayakan itu sudah memenuhi Pasal 198 ayat 2 Peraturan DPR RI Nomor 1 Tahun 2014 kok, jadi prosesnya sudah benar, tinggal besok pemilihan saja,” pungkas Rahim.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *