Gelar Aksi di DPRD NTB, HMI Mataram: Ini Gerakan Moral!

Mataram | Independensia.id – Ribuan Mahasiswa dari berbagai kampus di Kota Mataram menggelar aksi demonstrasi di Kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Nusa Tenggara Barat pada hari ini (26/9/2019). Massa aksi meluap hingga sepanjang Jalan Udayana, Kota Mataram. Mahasiswa menuntut Pemerintah dan DPR untuk membatalkan pengesahan revisi UU KPK dan menolak RUU KUHP.

“Menolak pasal-pasal kontroversial, pasal-pasal yang tidak memihak kepada rakyat,” ujar salah seorang demonstran dalam pantauan reporter Independensia.id di lapangan.

Mahasiswa juga menuntut pembatalan revisi UU Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang dinilai substansinya sarat melemahkan KPK.

Sementara itu, dari unsur Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Mataram menilai Pemerintah dan DPR terlampau ambisius dalam mengambil keputusan.

“Rezim hari ini, seperti membawa kita kembali ke zaman Orde Baru (ORBA), dimana demokrasi, kebebasan menyampaikan kritik dan pendapat di depan publik di kebiri. Maka terlihat jelas pasal-pasal dalam RUU KUHP itu terlalu ambisius diputuskan serta kontradiktif dengan keinginan rakyat,” ujar Ketua Umum HMI Cabang Mataram, Andi Kurniawan.

Andi menguraikan, bahwa paket revisi sejumlah Undang Undang akan mempersempit ruang bagi masyarakat untuk berpendapat, memberikan kritik kepada pemerintah, sehingga pada akhirnya akan memberangus iklim demokrasi yang ada.

Selain itu, HMI juga menyoroti beberapa hal lain yang dinilai serius untuk di tanggapi pemeritah. Diantaranya adalah RUU Ketenagakerjaan, RUU Pertanahan, serta Kasus Kebakaran Hutan yang sekarang terjadi di wilayah Sumatra, Kalimantan dan Riau.

Andi pun menegaskan bahwa aksi yang dilakukan hari ini tidak ditunggangi oleh pihak atau kepentingan apapun. “Ini adalah gerakan moral, ini adalah gerakan kepedulian anak bangsa yang memperjuangkan hak dan kepentingan rakyat,” tukas Andi. (Arman)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *