Presma BEM UMJ Dukung Revisi UU KPK

Independensia.id | Jakarta – Dheden Pertama Putra, Presiden Mahasiswa Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Jakarta (BEM UMJ), mendukung penuh Revisi Undang-Undang Komisi Pemberantasan Korupsi (RUU KPK) untuk segera disahkan menjadi Undang Undang (UU). Hal tersebut mengingat dalam RUU KPK terdapat pasal-pasal yang memihak kepada kepentingan rakyat.

“Saya mewakili mahasiswa UMJ menilai RUU KPK harus segera disahkan menjadi undang-undang, karena banyak pasal-pasal yang memihak kepada kepentingan rakyat”, tegas Dheden dalam sambutannya di Aula Fakultas Kedokteran UMJ, Selasa (15/10).

Setelah RUU KPK disahkan menjadi UU, maka mahasiswa UMJ dapat melakukan kajian dan pergerakan secara struktural dan masif. Sehingga mereka dapat melakukan pergerakan melalui jalur legitimasi hukum dan konstitusional.

Sesuai dengan sistem negara demokrasi, maka cara yang ditempuh adalah mengajukan Judicial Review ke Mahkamah Konstitusi dan melakukan pengujian formil serta pengujian materil UU KPK tersebut.

“Kami mendukung penuh bagi kawan-kawan mahasiswa untuk melakukan kajian dan melakukan pergerakan secara struktural setelah RUU KPK disahkan menjadi UU”, tutur Dheden dihadapan ratusan mahasiswa UMJ.

Selain itu, dukungan terhadap RUU KPK juga dilakukan dengan mendorong adanya Badan Pengawas KPK, mengingat selama ini belum ada Badan yang mengawasi KPK. Sehingga membuat rendahnya kepercayaan publik terhadap lembaga KPK.

“Kami juga turut mendukung adanya Badan Pengawas KPK, karena akan berpotensi pada kepercayaan publik terhadap KPK,” tutup Dheden.

Dialog Publik kali ini bertemakan “Pro Kontra RUU KPK” yang dihadiri oleh 450 mahasiswa se-UMJ. Dheden berharap dengan adanya dialog publik, mahasiswa UMJ dapat mempelajari RUU KPK dari berbagai sumber. Sehingga tidak hanya sekedar turun ke jalan, akan tetapi lebih mengedepankan kajian secara akademis. (Fufu)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *