Pelantikan Ketum BPL : Misi Perkaderan BPL Cakaba

Independensia.id|Bandung – Badan Pengelola Latihan (BPL) HMI Cabang Kabupaten Bandung (Cakaba) periode 2020-2021 resmi dilantik. Sebanyak 8 orang pengurus BPL itu ditarik sumpah jabatan oleh Ketua Umum HMI Cakaba, Bayu Nur Fauzi pada Selasa (28/1/2020) di Pusat Kegiatan, Cipadung, Cibiru, Bandung.

Acara pelantikan tersebut mengusung tema “Optimalisasi Kinerja BPL Guna Meningkatkan Kualitas Instruktur yang Berkualitas Insan Cita”.

Ketua Umum HMI Cakaba, Bayu Nur Fauzi menargetkan, ke depan BPL harus sinergi dengan Bidang PA agar bisa menerbitkan sebuah buku pedoman pelatihan. Pedoman itu akan dijadikan sebagai panduan dan sebuah sosio-kultur perkaderan di HMI Cakaba, lanjut Bayu.

“Sehingga selaras dalam perkaderan, serta nantinya Cabang dan BPL ini akan mengelola kampus-kampus selain UIN. Jadi tidak fokus satu kampus saja, maka HMI Cakaba bisa semakin melebarkan sayapnya untuk perkaderan,” kata Bayu, saat memaparkan sambutan.

Sementara itu, Ketua BPL Ramza Fatria menerangkan, BPL kedepan terus berupaya untuk menciptakan instruktur berkualitas. “Instruktur harus dinamis, kokoh dalam perkaderan,” ujarnya singkat.

Selain itu, Alumni BPL HMI Cakaba, Riki Hermawan menyampaikan, setelah ini BPL seharusnya mampu melakukan analisis dengan sebuah mini riset.

“Karena BPL adalah sebuah lembaga ilmiah, dimana bentuknya harus memiliki data berkualitas dari hasil menganalisa kapasitas yang sesuai kemampuan kader,” kata Riki.

Tidak hanya itu, Riki berharap BPL kedepan menjalankan sebuah mini riset perkaderan.

“Sehingga mampu mengetahui dan dapat mempetakan kader yang tertarik dibidang politik maupun bidang sosiologis. Karena era saat harus bisa menyadari 4 faktor faktor yaitu ekonomi, politik, HAM, dan demokrasi agar selaras dengan problematika yang ramai hari ini,” ujarnya.

Berdasarkan pantauan dilapangan, meski keadaan listrik padam dan gelap, namun pelantikan BPL berlangsung dengan lancar dan khidmat.

(Evi Yuliani)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *