KKN UMM Ajak Warga Inisiasi Kelola Sampah Plastik

Independesia.id|Malang – Persoalan sampah masih menjadi momok bagi masyarakat dan lingkungannya yang mengakibatkan kerusakan ekosistem alam. Belum lagi, kurangnya kesadaran dari masyarakat yang masih sering membuang sampah sembarangan.

Melihat kondisi itu, kelompok KKN 02 asal Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) menginisiasi workshop pengelolaan sampah plastik bersama warga Desa Ngijo, Karangploso, Kabupaten Malang yang bertempat di Balai Desa Ngijo, Minggu (2/2/2020).

Koordinator Desa (Kordes) KKN 02 UMM Adham Firmansyah mengatakan, Kegiatan yang mengambil tema “Menumbuhkan Potensi Kreatif Dalam Mengelola Sampah Plastik” ini merupakan suatu agenda yang penting untuk diikuti.

“Karena sampah anorganik adalah sampah yang berbahaya, karena dengan menumpuknya sampah anorganik ini seperti plastik dapat membuat kerusakan lingkungan dan berdampak pada pemanasan global,” kata Adham dalam kegiatan tersebut, Minggu (2/2/2020)

Menurutnya, hal-hal kecil seperti sampah juga harus menjadi perhatian bersama mengingat dampak negatif yang dapat membahayakan masyarakat dan lingkungan.

Kegiatan yang dihadiri sekitar 20 peserta dari kelompok PKK, warga dan pemuda dusun serta karang taruna desa Ngijo ini diharapkan memberikan edukasi kepada seluruh elemen masyarakat.

Emi selaku peserta yang mengikuti kegiatan tersebut mengungkapkan bahwa ia sangat antusias dan mendapatkan hal yang positif.

“Workshop ini dapat menambah ilmu yang baru, menambah ekonomi keluarga dan sekalian menginspirasi warga untuk mengurangi sampah,” ucap Emi, salah satu peserta yang antusias mengikuti pelatihan tersebut.

Pihak pembimbing KKN 02 Ngijo UMM juga menjelaskan, tema lingkungan dalam kegiatan itu sebagai agenda-agenda yang dibuat difokuskan untuk dapat memberi inspirasi kepada warga dalam mengelola lingkungannya secara baik dan bersahabat dengan alam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *