Baru Saja Disahkan, Ribuan Aktivis di Tuban Dorong Judicial Review UU Cipta Kerja

Tuban – Gelombang aksi unjuk rasa menolak UU cipta kerja  yang baru saja disahkan merata disejumlah daerah di Indonesia. Tak terkecuali di kabupaten Tuban Jawa Timur gerakan massa gabungan dari mahasiswa GMNI, HMI, IMM dan LMND, buruh, petani hingga aktivis lingkungan bersatu padu  mengepung gedung DPRD Kabupaten Tuban, kamis (9/10/20) siang.

“Kami menilai keputusan DPR dan pemerintah tidak tepat ditengah persoalan pandemi COVID-19  yang belum selesai oleh karena itu kami bersepakat turun ke jalan menolak UU Cipta Kerja atau paling tidak kebijakan itu ditinjau ulang” kata Jaswanto aktivis HMI saat menyampaikan orasi di atas mobil komando.

Berbagai atribut, poster dan  selebaran berisi kalimat tuntutan memenuhi aksi damai kali ini, salah satunya dari aktifis HMI Tuban, mereka mempertanyakan komitmen pemerintah dan DPR RI terhadap cita-cita dan tujuan bernegara sesuai kandungan undang-undang Dasar 1945 dan pancasila. Terlebih dalam suasana pandemi COVID-19 seharusnya mendahulukan keselamatan rakyat dengan fokus terlebih dahulu terhadap penanganan COVID-19 sebagai yang utama.

“Nasionalisme kita adalah kemanusiaan, tatkala hak-hak rakyat tergadaikan, demokrasi terciderai, kami berdiri melalui parlemen jalanan, tolak UU Cipta kerja dan jangan lukai hati rakyat,” imbuh Jaswanto.

Oleh karena itu, Jaswanto menambahkan pihaknya akan mendorong berbagai pihak untuk mengajukan judicial review kepada mahkamah konstitusi.

Meski aksi sempat memanas namun tak sempat menimbulkan bentrokan ahirnya masa ditemui oleh ketua DPRD Tuban, miyadi. Setelah ikut menandatangani petisi yang berisi penyataan sikap penolakan atas pengesahan UU cipta kerja.  Ia mengatakan akan membawa tuntutan masa ke DPR RI hingga ke presiden jokowi.

“Penolakan dengan disahkan UU cipta kerja ini sebagai bentuk perjuangan menegakkan keadilan,” tandasnya.

Sementara itu, Kapolres Tuban AKBP Ruruh Wicaksono mengatakan bahwa pengamanan unjuk rasa kali ini menerjunkan 300 personel.

“Terimakasih kepada para peserta unjuk rasa dilakukan dengan tertib,” ucapnya di tengah-tengah para demonstran.

Reporter: Rudi Hartono (Tuban)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *